Sistem Penunjang Keputusan | Materi Kampus



Sistem Penunjang Keputusan (DSS)

Definisi :

Sistem Komputer yang interaktif yang membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data dan model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.

Tujuan

ü  Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
ü  Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat dengan membantu integrasi antar tingkat.
ü  Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan dan bukan peningkatan efisiennya.

Karakteristik SPK

ü  Adaptability
ü  Flexibility
ü  User friendly
ü  Support Intelligence, design, choice
ü  Effectiveness

Tiga Tingkat Teknologi SPK

1.      Spesific DSS
Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/ sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitis terhadap suatu masalah tertentu.
2.      DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat dan mudah membuat specific DSS
3.      DSS Tools
Hardware /software yang membantu pembuatan specific DSS/Generator DSS

Manfaat SPK

ü  Meningkatkan jumlah alternatif yang dipilih
ü  Pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
ü  Respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan.
ü  Kontrol yang lebih baik

Komponen Arsitektur SPK

1.      Komponen Data
ü  Sumber data
ü  Kontribusi vendor
2.      Komponen Dialog
ü  Knowledge Base
ü  Bahasa Tindakan
ü  Bahasa Representasi
3.      Komponen Model
ü  Model Optimasi
ü  Model Deskriptif
ü  Model Probabilistik
ü  Model Deterministik

Perbedaan SIM, SPK, EDP

1.      SIM
ü  Fokus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
ü  Alur informasi terstruktur
ü  Aktifitas : tanya jawab & penyusunan laporan
2.      SPK
ü  Mengkhususkan pada pengambilan dari pada manajer tingkat atas.
ü  Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas dan mampu memberi respon dengan cepat.
ü  User memiliki kontrol penuh dalam berinteraksi

3.      EDP
ü  Fokus pada data
ü  Proses transaksi yang efisien
ü  Mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis
ü  Membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen.



 Kisi-kisi

  • Aktivitas manajemen berupa pemilihan tindakan dari sekumpulan alternatif yang telah dirumuskan sebelumnya untuk memecahkan suatu masalah atau suatu konflik dalam manajemen
  • Keputusan
  • Aktivitas pemecahan masalah
  • Keputusan untuk menjawab tantangan dan perubahan lingkungan dan biasanya bersifat jangka panjang
  • Keputusan yang berkaitan dengan kegiatan proses sehari-hari
  • tipologi keputusan
  • Berkaitan dengan semua persoalan yang berdampak atau berhubungan dengan lingkungan dalam rentang waktu yang relatif panjang sepert merger dengan perusahaan lain dan ini biasanya bersifat strategis
  • Berkaitan dengan semua persoalan yang berdampak atau berhubungan dengan lingkungan dalam rentang waktu yang relatif pendek
  • Keputusan yang berkaitan dengan permasalahan organisasional, seperti perombakan struktur organisasi, perubahan departemen.
  • Biasanya menyangkut masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan rutin/ operasional, seperti pembelian bahan baku, penentuan jadwal produksiMacam kegiatan manajemen
  • Beberapa tipe informasi yang benar
  • Karakteristik informasi
  • Level manajemen
  • Sistem informasi untuk membantu manajer level menengah untuk proses pengambilan keputusan semi terstruktur supaya lebih efektif dengan menggunakan model-model analitis dan data yang tersedia
  • Tujuan Decision Support System
  • Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan manajemen BUKAN meningkatkan efisiensi
  • komponen SPK
  • Komponen basis data yang dapat diakses  
  • Sistem Adaptif, Design Kreatif
  • sudut pandang SPK ,
  • Meningkatkan kinerja para pekerja informasi dalam organisasi melalui pengaplikasian TI
  • Peran manajemen menurut H. Mintzberg
  • Manajemen
  • alasan system pendukung keputusan tekomputerisasi



2 comments:

BERIKAN KOMENTAR DI SINI !!