Followers


gOS (Google Operating System)

Posted by Hari Sobri

Berita yang menggembirakan bagi para pengguna Sistem Operasi yang sudah lama berkenalan akrab dengan paman yang paling terkenal dan tesohor namanya di Dunia maya, yaitu tiada lain Paman Google. Paman kita ini ternyata tidak hanya memberikan search engine yang cepat. Dia juga memberikan kita Web Browser yang handal yaitu Google Crome. Namun sekarang ini akan muncul Sistem Operasi yang sedang direalis dan akan diberi nama gOS, Cukup mengagumkan bukan? Dan memberi sorotan yang cukup hangat bagi para newbie yang suka otak-atik sistem operasi, he he. Kira-kira seperti apa yah gOS nanti?



Google OS ini dirilis untuk mengembangkan sebuah system operasi yang ringan berbasis Linux dan standard web untuk personal computer (PC). Langkah Google ini dilatarbelakangi untuk membantu user mendapatkan segalanya di web, menikmati pengalaman menarik di web, lebih dari yang dihasilkan dari search engine Google. Untuk itu, Google menciptakan Chrome OS yang telah dikembangkan mulai awal tahun ini. Konfirmasi tanggal (07/7).


System operasi Chrome ini diklaim Google akan bekerja lebih baik dibandingkan Windows, Mac OS X, variasi Linux dan bahkan system operasi Android. Menurut Google, dunia telah berganti dri model PC built-in untuk individu bekerja offline, menjadi bisnis sharing file antar tempat kerja secara online dimana saja dan kapan saja. Perpindahan tersebut secara otomatis mengurangi pentingnya proses power dan kompleksitas system operasi. Alasan lainnya adalah untuk kemudahan user ketika update status Facebook, editing foto atau video yang membutuhkan kecepatan dan daya tahan baterai yang lama.

Ide Google ini memiliki tujuan, untuk membuat system operasi yang cepat, aman, dan ringan untuk dijalankan di device portable. Google Chrome OS ini bekerja dengan metode baru ‘windowing’ atau switching antara multi aplikasi. Dengan adanya user interface baru ini dapat menangani penyimpanan data, file dan aplikasi. Selain itu, Google Chrome OS ini juga akan menggunakan standard web seperti HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis system operasi, yang mudah dipahami developer di era Web 2.0 sekarang ini.
Namun, ide system operasi Chrome OS ini bukan yang pertama, karena sebelumnya Palm telah merilis WebOS di Palm Pre sebagai pengembangan web-friendly di engine browser yang berbasis Linux. Google Chrome OS ini memiliki cakupan lebih luas dibanding WebOS dari Palm, yang memiliki semua aplikasi dan layanan web yang bisa dilakukan melalui komputer, termasuk mengirim email, mengirim dokumen, edit foto, dan browsing web.

“Perbedaan utama Android dan Chrome OS ini, jika Android didesain dari variasi device mulai ponsel hingga netbook. Sedangkan Chrome dibuat untuk orang yang menghabiskan banyak waktunya untuk browsing web, dan didesain untuk power komputer range netbook kecil hingga system desktop full-size.” ungkap Google. Google berencana untuk merilis Chrome OZ di akhir tahun ini, dan device berbasis system Chrome OS akan hadir di pertengahan tahun 2010

Tidak sabar menunggu Final realisnya. Hik hik..

Fosted by: beritaNet.com

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar, kritik maupun saran pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 comments ... Tambahkan Komentar Anda }

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR DI SINI !!