Followers


Cara Downgrade Bios Notebook Compaq Seri CQ-40

Posted by Hari Sobri

Semakin hari semakin banyak saja penggemar notebook atau laptop. Dan sepertinya ini akan menggeser Handphone yang beberapa tahun lalu juga booming, dan sekarang bisa dibilang setiap orang punya handphoe. Notebook yang sedang saya omongkan disini adalah notebook Compaq dengan keluaran terbarunya seri CQ dengan CQ-40 yang banyak penggemarnya. Benar ga ya penggemar Compaq CQ-40, atau mungkin karena seri terbaru yang keluar adalah seri CQ maka sekarang banyak yang membeli notebook Compaq seri CQ-40. Yang jelas saat ini hampir semua pembeli notebook Compaq membeli seri CQ, baik seri CQ-20, CQ-40, CQ-45 ataupun CQ-60.

Ngomong-ngomong masalah notebook Compaq seri CQ-40 mungkin ada sedikit atau banyak yang bingung dengan notebook tersebut. Apa gerangan penyebabnya? Kalau diinstall XP nggak bisa keluar suara atau audionya. Tau penyebabnya apa? Karena masalah dengan BIOSnya. Agar bisa keluar suara atau audionya maka kita harus downgrade ke versi F. 11E. Untuk masalah sebenarnya apa yang terjadi kenapa harus di downgrade ke versi F. 11E saya sendiri kurang tahu menahu, silahkan tanyakan ke yang lebih ahli.

Efek samping dari downgrade ke versi F.11E
  1. Lampu indikator saat notebook di Charge posisi mati tidak fungsi atau menyala. Ini sebenarnya tidak ada masalah, karena sebenarnya baterai tetap mencharge atau ngisi, hanya saja indikatornya mati. Untuk tahu full atau belum dikira-kira saja biasanya berapa jam, mungkin 1 s/d 2 jam.
  2. Beberapa fungsi tombol keyboard yang difungsikan bersamaan dengan tombol fn tidak fungsi. Menurut saya ini tidak fatal, karena beberapa tombol tersebut memang tidak terlalu penting.
  3. Menghilangkan bunyi TUK-TUK. Dibeberapa seri CQ-40 hampir sebagian besar bunyi seperti itu. Tapi itu bukan suatu maslah, karena itu normal, katanya. Nash downgrade ini bisa mengurangi bunyi TUK-TUK tersebut, namun tidak 100% hilang, hanya mengurangi, lumayan kan…?
  4. Audio bisa terdeteksi. Jika sebelum didowngrade ke F.11E Audionya tidak bisa deteck, maka setelah didowngrade bisa deteck atau bisa diinstall.
Semua ini nanti bisa dikembalikan atau menghilangkan efek samping tersebut jika kita mengupgrade kembali BIOSnya ke F.24.

Cara Downgrade Compaq CQ-40
  1. Lihat dulu di bios apakah versi yang digunakan sudah versi F.11 atau masih F.12 Jika sudah F11 maka berarti biosnya sudah di downgrade. Caranya anda harus masuk BIOS dengan menekan F10 saat booting.
  2. Setelah melakukan Instalasi windows jalankan file BIOS F.11E yang sudah saya sertakan dibawah ini, lalu setelah ter-extract jalankan winplash.bat, setelah itu baru jalankan InsydeFlash.exe
  3. Downgrade bios ini hanya untuk cq40 dengan processor INTEL
  4. Untuk lebih amannya Install ulang windows anda baik XP ataupun Vista. Jangan melakukan Instalasi aplikasi apapun jika akan melakukan downgrade, karena bisa berakibat sangat fatal
  5. Gunakan adaptor untuk melakukan downgrade bios.
  6. Pastikan bahwa notebook cq40 anda berstatus garansi, Hal ini untuk menjaga saat kegagalan dalam melakukan downgrade notebook masih bisa di garansikan
  7. Saya tidak menjamin akan keberhasilan saat anda melakukan DOWNGRADE BIOS,
Jadi berpikirlah yang jernih. Jika takut bawa saja ke service center HP terdekat di kota anda

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar, kritik maupun saran pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 comments ... Tambahkan Komentar Anda }

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR DI SINI !!